Cara Menggunakan Fokus Pada Lensa Kamera Secara Manual

Pengaturan fokus dalam sebuah teknik fotografi menjadi hal yang paling mendasar untuk di pelajari. Biasanya teknik fokus sering digunakan oleh para pengguna kamera DSLR, dengan pengaturan fokus yang baik maka akan menghasilkan foto yang berkualitas. Dalam sebuah kamera, tentu telah tersedia fitur autofokus, namun tak ada salahnya jika kita belajar mengenai teknik fokus pada lensa kamera.

Jika autofokus pada sebuah lensa kamera di tentukan oleh sebuah motor elektronik, dimana mesin tersebut akan mencari serta mendapatkan fokus pada setiap objek dengan sistem otomatis. Sedangkan manual fokus biasanya akan mengatur fokus sebuah objek foto secara manual sehingga objek yang di bidik akan terlihat lebih fokus dan tajam.

Biasanya mode fokus manual sering di gunakan oleh para fotografer landscape dan micro. Pada mode fokus manual, para pengguna dapat memanfaatkan konfirmasi fokus dengan cara memutar ring foku, di barengi dengan menekan setengah tombol fokus tersebut.

Keuntungan Menggunakan Manual Fokus

Banyak fotografer lebih memilih menggunakan manual fokus bila di bandingkan dengan autofokus, meskupun sistem ini cukup mudah dan praktis untuk dilakukan, tanpa harus bersusah payah untuk mengatur fokus sebuah objek foto.

Akan tetapi cara tersebut, nyatanya kurang disukai oleh para fotografer, karena menggunakan manual fokus nyatanya terbukti lebih fleksibel karena mampu menangkap banyak objek bila dibandingkan dengan autofokus.

Dengan menggunakan manual fokus, anda akan mendapatkan hasil foto yang lebih artistik, dimana efek blur pada sebuah objek bisa didapatkan hanya dengan menggunakan manual fokus. Selain itu, manual fokus dapat bekerja dengan cukup baik untuk mendapatkan hasil low light. Bahkan dengan menggunakan autofokus pun, hasilnya tak akan sebagus bila dibandingkan dengan menggunakan manual fokus.

Mengambil foto dengan menggunakan manual fokus dan model live view pada kamera DSLR mamungkinkan seseorang untuk mendapatkan hasil foto yang lebih tajam. Berikut beberapa cara menggunakan manual fokus pada kamera DSLR.

  • Langkah pertama, atur posisi fokus pada lensa kamera, kemudian putar fokus ring agar bisa menentukan fokus pada objek foto.
  • Langkah selanjutnya adalah menggunakan skala jarak. Skala jarak dapat membantu fotografer, untuk mengambil foto dalam keadaan gelap serta minim cahaya.
  • Atur diopter kamera secara benar. apabila objek masih terlihat buram, maka dioter perlu untuk di seting ulang.
  • Seting mode fokus pada kamera, kemudian anda bisa menggunakan fitur fokus confirmation.
  • Pastikan posisi tangan anda berada dalam keadaan stabil.
  • Langkah terkahir, gunakan zoom ini untuk ketajaman objek foto.

Belajar teknik manual fokus memang cukup menguntungkan bila dibandingkan hanya menggunakan autofokus. Dengan manual fokus, memungkinkan fotografer untuk bisa mendapatkan hasil foto yang tajam dan lebih artistik.