Jenis-Jenis Filter Lensa Kamera Dalam Fotografi Digital

Dalam dunia fotografi digital terdapat beberapa filter lensa kamera, biasanya filter di gunakan untuk mengambil gambar pemandangan dengan kondisi pencahayaan yang terbilang cukup sulit. Namun ada pula filter yang biasa di gunakan untuk mengurangi refleksi serta meningkatkan warna dan filter yang hanya berfungsi untuk melindungi lensa saja.

Filter sangat lazim di gunakan dalam sinematrografi serta fotografi, karena banyak fotografer yang menggunakan filter untuk kebutuhan pemotretan sehari-hari. Saat ini, kebutuhan fotografi mengandalkan intensitas dan kualitas cahaya, sehingga filter lensa kamera dapat digunakan untuk memodifikasi cahaya.

Jenis Dan Fungsi Filter Lensa Kamera

Filter lensa dapat membantu para fotografer untuk melindungi lensa kamera dari berbagai jenis kerusakan, selain itu filter juga dapat digunakan untuk mengurangi cahaya yang masuk kedalam lensa kamera. Akan tetapi perlu di ingat bahwa, tak selamanya filter lensa kamera berdampak baik bagi lensa tersebut. Kadang kala filter dapat merusak hasil foto yang anda dapatkan apabila digunakan dengan tidak benar.

Filter lensa kamera memiliki beberapa jenis yang di jual bebas di pasaran, berikut beberapa jenis filter lensa kamera yang bisa di pilih sesuai kebutuhan dan budget yang anda miliki.

  1. Filter persegi panjang

Filter jenis ini memang cukup populer di kalangan para fotografer, filter ini memiliki banyak ruang sehingga dapat digerakkan ke bawah serta keatas. Filter ini memiliki ukuran 4×6, namun filter pesegi panjang juga memiliki ukuran yang jauh lebih besar maupun lebih kecil.

  1. Filter Melingkar

Filter ini biasanya di pasang pada ulir lensa. Untuk filter melingkar, tersedia dalam berbagai ketebalan yang berbeda. Untuk filter yang lebih tebal, akan mampu menambah vignetting sedangkan filter yang lebih tipis mampu mengurangi vignitting.

  1. Filter persegi

Filter ini memiliki bentuk dengan ukuran 3×4 dan 4×4. Semua ukuran tersebut di gunakan dalam waktu yang bersamaan untuk mengambil sebuah foto tertentu. Namun dengan ukuran tersebut, dapat berpengaruh terhadap setiap foto yang dihasilkan karena bisa menambah refleksi.

  1. Filter drop-in

Filter ini biasa di gunakan untuk lensa zoom tele, karena filter ini memiliki ukuran yang cukup besar.

Filter lensa kamera memiliki banyak fungsi dalam sebuah kamera, selain digunakan untuk mengurangi refleksi, filter juga dapat melindungi lensa kamera anda. Berbagai jenis filter lensa kamera telah tersedia di pasaran, sehingga dapat dipilih sesuai kebutuhan dan keuangan anda.