Mau Jadi Fotografer Wedding Handal? Pelajari Tips Fotografi Wedding Berikut Ini

Fotografer wedding merupakan salah satu genre fotografi yang memiliki banyak peminat. Namun, profesi ini bukan profesi yang main-main. Menjadi fotografer wedding harus mengetahui tips fotografi wedding agar tak kehilangan momen berharga saat merekam hari bahagia klien.

Melakukan Persiapan Fotografi Wedding

Fotografer profesional pasti selalu melakukan persiapan baik teknis maupun non teknis. Persiapan itu bisa berupa survey tempat sebelum hari H apabila foto dilakukan di luar studio, pencahayaan, komposisi, peralatan, waktu pemotretan dan persiapan teknis lainnya.

Sedangkan persiapan no teknis bisa berupa mempersiapkan mental sebelum pengambilan gambar, mengenal peralatan yang hendak dipakai dan mendiskusikan gambar-gambar yang ingin diambil serta dikehendaki oleh klien.

Jangan Lupakan Hal-hal Kecil

Hal-hal sederhana seperti detail gaun, desain cincin, sepatu, bunga atau hiasan meja hidangan sering diabaikan oleh fotografer wedding. Padahal, objek-objek foto ini bisa menjadi item foto yang berharga, unik dan sulit dilupakan. Jadi, jangan ragu untuk mencoba hal baru, tangkaplah hal-hal kecil yang tampak unik di sekitar event pernikahan.

Memakai Dua Kamera

Pada pesta pernikahan seringkali terjadi hal-hal tak terduga yang bisa merugikan klien dan profesi fotografer. Alangkah baiknya jika Anda membawa dua kamera saat mengambil gambar di event pernikahan. Bawa dua kamera dengan panjang lensa yang berbeda sehingga Anda lebih leluasa mengambil gambar dari sudut yang bervariasi.

Sebagai contoh, Anda bisa membawa satu kamera berlensa wide angle dan satu kamera berlensa zoom. Jangan lupa untuk membawa baterai dan kartu memori cadangan untuk masing-masing kamera karena bisa saja Anda mengoperasikan kamera dan mengambil gambar melebihi waktu yang ditentukan.

Manfaatkan Latar Belakang Dengan Optimal

Ketika mengambil foto, perhatikan latar belakang objek foto serta arah datangnya cahaya lampu maupun cahaya matahari. Latar belakang dan cahaya lampu maupun matahari bisa menjadi efek tambahan yang menarik pada foto pernikahan. Berkreasilah memanfaatkan keduanya sehingga bisa menciptakan efek foto yang dramatis.

Selain tips fotografi wedding di atas, Anda juga perlu menjadi kreatif demi menciptakan foto yang menarik. Bila perlu gunakan tripod untuk mengurangi efek foto blur dan manfaatkan waktu sebaik mungkin karena momen pernikahan tak terulang kembali. Selamat mencoba!