Penyebab Foto Buram yang Harus Dihindari

Bagi yang suka berfoto, tentu memiliki banyak koleksi foto itu memiliki nilai kepuasan tersendiri. Terlebih lagi jika foto yang dihasilkan sangat bagus. Untuk menghasilkan foto yang bagus tersebut tentu selain memiliki kamera yang mumpuni, skill memfotonya pun juga harus diperhatikan. Salah satu hal yang sering dialami adalah foto buram, lalu apa penyebab foto buram tersebut?

Penyebabnya itu ada banyak, tidak hanya dari factor kamera saja tetapi dari yang memotretnya juga bisa menyebabkan foto menjadi buram. Foto yang buram tersebut tentu sangat menjengkelkan apalagi anda sudah bersusah payah terlebih dahulu untuk mendapatkan foto tersebut. Berikut ini penyebabnya yang harus dihindari,

  1. Kamera bergerak saat shutter terbuka

Salah satu penyebab mengapa foto menjadi buram adalah ketika kamera bergerak saat shutter terbuka. Hal semacam ini tentu saja foto menjadi tidak focus sehingga gambar yang dihasilkan menjadi buram.

  1. Focus kamera yang tidak pas

Penyebab lainnya yang paling banyak dialami adalah focus kamera yang tidak pas. Hal tersebut paling sering dialami oleh banyak orang, ketika objek belum terfokus di kamera namun anda sudah menekan tombol klik maka hasilnya pun menjadi buram. Jadi usahakan untuk kamera focus terlebih dahulu baru anda bisa langsung memotret objek.

  1. Kualitas cahaya

Penyebab foto buram yang lainnya adalah kualitas cahaya. Apabila tingkat kecerahan pada kamera terlalu tinggi, maka hasil fotonya bisa menjadi buram karena cahaya yang terlalu terang menyulitkan kamera untuk focus. Kemudian jika foto juga kurang cahaya tentu saja hasilnya menjadi buram, gelap dan tidak bisa dilihat dengan jelas.

  1. Objek yang bergerak

Penyebab utama lainnya yang bisa membuat foto terlihat buram adalah karena objek yang bergerak. Objek yang bergerak-gerak tersebut membuat kamera susah untuk focus, alhasil foto tersebut menjadi buram.

Beberapa penyebab foto buram di atas perlu dihindari supaya foto anda nantinya terlihat bagus dan jelas. Selain memperhatikan beberapa penyebab di atas, mungkin kualitas dari kamera juga perlu diperhatikan supaya bisa menghasilkan gambar yang clear.