Cara Memilih Kamera Mirrorless Agar Tak Salah Pilih

Kamera mirrorless yang ringan dan kompak saat ini tengah menjadi kesukaan para fotografer terutama bagi yang kurang menyukai DSLR yang besar dan berat. Dengan harga yang lebih murah, Anda bisa memperoleh kamera dengan kemampuan setara DSLR. Lalu, bagaimana cara memilih kamera mirrorless agar tak salah pilih dan menemukan yang terbaik?

Pilih Kamera Mirrorless Sesuai Kebutuhan

Sebelum membeli kamera mirrorless, pikirkan mengenai kebutuhan fotografi Anda. Apa tujuan Anda membeli kamera mirrorless? Jenis fotografi apa yang hendak Anda tekuni? Apakah kamera ini dipakai untuk fotografi lanskap? Fotografi wedding? Vlog? Atau fotografi lainnya.

Setelah menentukan tujuan pemakaian kamera, saatnya menentukan budget pembelian kamera. Jangan sampai harga kamera yang dibeli melebihi budget kamera yang dipersiapkan.

Sebaiknya hindari berhutang untuk membeli kamera hanya karena hobi atau pamer. Jika hendak membeli kamera secara kredit, sebaiknya manfaatkan kamera tersebut untuk kegiatan yang produktif dan bisa menghasilkan uang.

Cari Tahu Spesifikasi Sensor Kamera

Sensor kamera menjadi hal yang harus diperhatikan saat memilih kamera mirrorless baru. Ada tiga sensor yang sering dipakai oleh kamera mirrorless yakni APS-C, full frame dan four thirds. Masing-masing sensor tentu memiliki hasil tangkapan yang berbeda.

Jika Anda menginginkan hasil tangkapan kamera yang lebih jernih dan tajam, maka kamera mirrorless bersensor full frame adalah pilihan yang tepat. Sayangnya, kamera mirrorless bersensor full frame  dijual dengan harga lebih mahal daripada jenis sensor lainnya.

Meski begitu, jenis sensor lainnya seperti APS-C maupun four thirds tetap bisa menghasilkan foto yang optimal meskipun tidak sebaik full frame.

Pertimbangkan Fitur Perekaman Video

Jika Anda berniat membuat vlog dengan kamera mirrorless, maka pertimbangkan adanya fitur perekaman video pada kamera yang hendak dibeli. Untuk kebutuhan vlog, sebaiknya pilih kamera mirrorless yang memiliki kualitas perekaman video HD lengkap dengan autofocus serta layar LCD yang bisa diputar sehingga Anda bisa memperoleh hasil perekaman lebih optimal.

Semoga dengan menerapkan cara memilih kamera mirrorless di atas, Anda bisa mendapatkan kamera mirrorless yang sesuai dengan kebutuhan dan budget yang Anda siapkan. Jika masih belajar menggunakan kamera mirrorless, sebaiknya beli kamera entry level yang lebih mudah pengoperasiannya dan harganya tidak terlalu mahal.