Perbedaan APS-C Dan Full Frame Dalam Fotografi

Pada zaman dahulu kamera foto hanya menggunakan negatif film yang cukup ribet dalam hal pemasanga serta penggunaannya, akan tetapi saat ini kebutuhan fotografi, telah menggunakan teknologi digital yang cukup mudah dan praktis. Dalam sistem kamera fotografi di bagi menjadi 2 kelompok berdasarkan ukuran sensornya yakni sistem full frame dan APS-C.

Sistem full frame merupakan sebuah sistem yang biasa di gunakan oleh fotografer pro, selain itu full frame juga sering di gunakan untuk keperluan profesi maupun sekedar hobi.

Kelebihan Dan Kekurangan Kamera Full Frame  Dan APS-C

Saat ini kamera SLR telah banyak menggunakan kamera full frame. Kamera full frame memiliki sensor 36×24, sedangkan kamera APS-C memiliki sensor dengan ukuran 22.2×14.8. Adapun beberapa kelebihan yang di miliki oleh kamera full frame dan APS-C diantaranya adalah:

Kelebihan Kamera Full Frame

  • Lebih peka dengan cahaya

Full frame memiliki sensor yang cukup besar,oleh sebab itu daya tampung cahayanya jauh lebih banyak. Bahkan dalam kondisi gelap sekalipun, kamera full frame memiliki kepekaan bila dibandingkan dengan kamera crop factor.

  • Ruang tajam jauh lebih sempit

Dengan ruang tajam yang lebih sempit, maka akan menghasilkan foto bokeh yang sempurna.

  • Tingkat noise lebih rendah

Dengan sensor yang lebih besar, maka lebih peka terhadap cahaya. Dengan menggunakan kamera full frame pada saat gelap akan menghasilkan noise yang lebih sedikit. Dan tentu saja jepretan foto akan lebih terang karena full frame lebih peka terhadap cahaya.

Kekurangan Kamera Full Frame

    • Harga sensor yang terbilang cukup mahal
    • Harus menggunakan lensa yang lebih besar

Kelebihan Kamera APS-C

  • Harga kamera yang cukup terjangkau

Dalam sebuah kamera digital, sensor menjadi sebuah bagian yang cukup mahal. Ukuran sensor dapat mempengaruhi harga jual sebuah kamera digital.

  • Sangat cocok digunakan untuk tele photo karena terdapat crop factor

Kamera APS-C memiliki tingkat zoom yang cukup tinggi, para fotografer biasanya menggunakan kamera ini untuk mengambil gambar olahraga, karena zoomnya yang lebih panjang bila dibandingkan dengan kamera full frame.

  • Dapat menggunakan lensa full frame

Kamera APS-C dapat menggunakan lensa full frame dan lensa APS-C. Lensa full frame dianggap lebih berkulaitas dibandingkan dengan lensa APS-C.

Kekurangan Kamera APS-C

  • Hasil foto dengan kualitas di bawah full frame.
  • Perlu lensa yang lebih lebar.

Kamera Full frame dan kamera APS-C memiliki Kelebihan dan kekurangan masing-masing, jika kamera full frame hanya dapat menggunakan satu jenis jenis lensa yakni full frame, sedangkan kamera APS-C dapat menggunakan dua jenis lensa yaitu lensa Full frame dan lensa APS-C.